MPar Projects

MPar Projects

Did You Know?

Docy turns out that context is a key part of learning.

Standard Operation Procedure dan Revenue Leakage

Penerapan SOP Pada Hotel

Estimated reading: 2 minutes 310 views

Konsistensi dan Kualitas

SOP membantu dalam menjaga kualitas layanan yang konsisten dengan standarisasi prosedur untuk tugas rutin seperti check-in, check-out, dan penanganan dalam request tamu-tamu hotel. Hotel memastikan bahwa semua staff melaksanakan protokol yang sudah ditetapkan, dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan tamu.

Pelatihan dan Pengembangan

SOP berfungsi sebagai alat training bagi karyawan baru dimana SOP merupaklan pedoman yang jelas tentang bagaimana melakukan berbagai tugas utama yang sangat penting dalam industri yang memiliki turn-over yang tinggi seperti pada hotel.

Dengan adanya SOP, pedoman tersebut dapat mendukung penerapan multi-skilling atau multi-tasking yang saat ini sedang gencar dilakukan dalam operasional hotel modern.

Efisiensi Operasional

SOP juga dapat membantu mengurangi kesalahan dan meningkatkan kecepatan layanan pada industri perhotelan, dan membantu memastikan seluruh karyawan patuh terhadap SOP yang sudah ada dalam kebijakan organisasi.

SOP berperan sebagai fasilitator dalam koordinasi yang lebih baik antar departemen, seperti pada Housekeeping dan Front Office. Dan memastikan kelancaran operasional hotel dalam situasi dan kondisi apapun.

Pengambilan Keputusan dan Pengendalian Internal

SOP menyediakan kerangka kerja untuk membantu pengendalian internal perusahaan atau departemen, membantu memastikan seluruh karyawan tidak melanggar atau bertindak di luar SOP yang dapat merugikan perusahaan. SOP membantu dalam pengambilan keputusan dengan menyediakan serangkaian prosedur yang jelas untuk diikuti, dimana sangat berguna dalam menangani situasi yang kompleks seperti dalam menangani keluhan tamu hotel.

Share this Doc

Penerapan SOP Pada Hotel

Or copy link

CONTENTS