MPar Projects

MPar Projects

Did You Know?

You can create any type of product documentation with Docy

Best Practices

Accounting Department

Estimated reading: 2 minutes 310 views
  • Internal Audit Control: Membangun sistem kontrol internal yang kuat di dalam departemen akuntansi sangat penting, termasuk pada audit rutin transaksi keuangan di setiap divisi dalam departemen akunting antara lain: financial controller, internal audit, account receivable, income audit, cashier, dan lainnya. Penerapan standar akuntansi sangat penting untuk dilakukan agar memastikan semua catatan transaksi dapat dipertanggung jawabkan dan biaya pengeluaran dapat dikendalikan. Dalam konteks Revenue Leakage, Income Audit adalah sub unit pertama dalam melakukan pemeriksaan pencatatan revenue yang dihasilkan dalam satu malam. Akurasi dalam audit pendapatan merupakan aspek kritikal untuk menjamin integritas laporan keuangan sebuah hotel. Kesalahan dalam pencatatan dan pelaporan pendapatan dapat menyebabkan pengambilan keputusan bisnis yang salah arah (Ferdinandus Mario dan Condro Widodo, 2024). Income Audit bertanggung jawab untuk memeriksa angka-angka yang berkaitan dengan pemasukan dari berbagai fasilitas hotel seperti Kamar, Restoran, Layanan kamar, Meeting Room dan sebagainya.
  • Pemisahan Tugas: Memastikan pemisahan tugas yang jelas dalam departemen akuntansi sehingga dapat mencegah terjadinya kesalahan dalam prosesnya. Pemisahan tugas dapat menjadi faktor penting dalam audit keuangan, karena apabila satu orang memiliki beberapa tugas penting maka akan memicu terjadinya kesalahan karena kurang berkonsentrasi. Contoh: Apabila Account Receivable dibebankan pekerjaan yang seharusnya dilakukan oleh Income Auditor atau Account Payable, maka konsentrasi akan terpecah dan akan terjadi kesalahan dalam penginputan data akuntansi. Unit yang berbeda seperti Income Audit, Cashier, dan Financial Controller harus memiliki tanggung jawab yang berbeda dalam prosesnya.
  • Sistem Informasi Manajemen: Memanfaatkan sistem informasi manajemen yang komprehensif dapat membantu dalam pelacakan data keuangan yang akurat dan mendukung proses pengambilan keputusan yang dapat meningkatkan profit. Hampir setiap perusahaan memiliki Sistem Informasi, begitu pun dengan industri hotel. Sistem Informasi memiliki berbagai fitur yang memiliki berbagai fungsi sesuai kebutuhan tiap departemen. Dengan bantuan jaringan internet, sistem informasi tersebut bisa menjadi satu kesatuan koneksi dan saling berhubungan terhadap antar departemen. Namun, kita tidak bisa selalu mengandalkan sistem informasi. Pentingnya sistem komunikasi yang baik dapat membantu dalam proses bekerjasama untuk mencegah atau mengatasi hal hal yang tidak diinginkan seperti potensi terjadinya Revenue Leakage.
Share this Doc

Accounting Department

Or copy link

CONTENTS